Ilmu itu mencerahkan dan menggerakkan !

hangat, padat, aktual, Universal

Unit interogasi terorisme ala Obama !

Posted by bukan.apa.apa pada Agustus 25, 2009

By : Dzulfikar

Obama Okays White House terrorism unit

Obama Okays White House terrorism unit

Obama telah memberikan peretujuan pembentukan sebuah unit Gedung Putih khusus untuk diinterogasi tersangka terorisme dalam upaya untuk menghilangkan kebijakan interogasi era Bush.

Unit interogasi tahanan kelas-tinggi tersebut, yang akan diawasi oleh Dewan Keamanan Nasional, akan menggeser pengawasan interogasi dari CIA ke Gedung Putih, demikian seorang pejabat mengatakan, dengan menyebutkan bahwa program tersebut belum diumumkan secara resmi.

Walaupun Obama menolak untuk mengadili para pejabat era Bush atas kasus-kasus  pelecehan tawanan,  pembentukan unit khusus tersebut dapat berpotensi membuka jalan bagi penuntutan pidana mereka-mereka yang terlibat dalam kasus-kasus pelecehan tahanan.

Presiden Obama secara perlahan-lahan dan hati-hati membuat beberapa langkah untuk merombak pedoman interogasi dan penahanan di bawah pemerintahannya.

Perkembangan tersebut muncul ketika departemen kehakiman Amerika Serikat yang dipimpin oleh jaksa agung Amerika berkebangsaan afrika (pertama kalinya), Eric Holder, telah memulai upaya untuk membuka kembali kasus penyiksaan yang dilakukan para pejabat CIA terhadap tersangka terorisme selama masa interogasi.

Diterjemahkan dari :

http://presstv.com/detail.aspx?id=104376&sectionid=3510203

Tinggalkan komentar