Ilmu itu mencerahkan dan menggerakkan !

hangat, padat, aktual, Universal

pembuktian kembali “E=MC²” Einstein

Posted by bukan.apa.apa pada November 30, 2008

By  :  dzulfikar

Scientists have resolved Albert Einstein’s e=mc2

Para saintis telah menguatkan “E=MC²” nya Albert Einstein, dengan menggunakan supercomputers untuk meramalkan  ruang dan waktu sebagai bagian dari empat dimensi kisi-kisi kristal.

Dipimpin oleh Laurent Lellouch dari  Pusat Fisika teoretis Perancis, Para peneliti dari Prancis, Jerman dan Hungaria membuktikan  formula  Einstein tahun 1905 tersebut dengan  penghitungan yang khusus.

Menggunakan beberapa supercomputer terbesar dunia, tim tersebut melakukan perhitungan untuk memperkirakan massa dari partikel proton dan neutron yang ditemukan dalam inti atom.

Komputasi (penghitungan ) tersebut melibatkan “peramalan masa depan ruang dan waktu sebagai bagian dari empat dimensi kisi-kisi kristal,”   Pusat Riset Ilmiah nasional Perancis(CNRS) menjelaskan dalam siaran pers.

Proton dan neutron termasuk juga partikel kecil bernama quarks,  pada gilirannya diikat oleh gluons. karena massa gluons adalah nol dan massa quarks adalah dari lima persen, pertanyaannya adalah di mana yang 95 persen hilang?

Studi baru menunjukkan bahwa energi dari pergerakan dan interaksi dari partikel terkecil pembentuk atom  dan gluons dapat dikonversi menjadi massa dan sebaliknya, AFP melaporkan.

Dengan demikian membuktikan bahwa ketika Einstein mengusulkan Teori Relativitas Khususnya tahun 1905, massa dan energi adalah setara.

E=MC² formula menunjukkan bahwa massa dapat dikonversi menjadi energi, dan energi dapat dikonversi menjadi massa.

Meskipun persamaan tersebut telah digunakan beberapa kali dan telah menjadi basis inspirasi bagi pengembangan senjata atom, ini adalah  pertama kalinya dimana E=MC² diuraikan pada skala partikel-partikel sub-atom partikel. (diterjemahkan dari http://www.presstv.com/Detail.aspx?id=76237&sectionid=3510208)


Tinggalkan komentar