Ilmu itu mencerahkan dan menggerakkan !

hangat, padat, aktual, Universal

Demonstrasi menentang Amerika di Irak

Posted by bukan.apa.apa pada Juni 1, 2008

By : dzulfikar

Iraqis shout slogans against US long-term presence

Puluhan ribu massa berdemonstrasi melawan usulan perjanjian keamanan Amerika serikat-Irak untuk mempertahankan keberadaan tentara Amerika di Irak setelah mandat dari PBB akan berakhir.

Puluhan ribu massa tersebut berdemonstrasi dikota Baghdad dan kota-kota lain di Irak hari jum’at untuk memprotes rencana perjanjian keamanan jangka panjang dengan amerika serikat.

demo terjadi setelah sholat jum’at, ketika Ulama Muqtada al-Sadr mengajak massa untuk melakukan protes mingguan terhadap perjanjian yang bisa menyebabkan hilangnya kedaulatan Irak.

Awal kamis. Abdul Aziz al_hakim, kepala blok Shiah di Irak mengatakan bahwa dia keberatan tentang perjanjian tersebut.

Komentarnya hari Kamis menyusul sebuah ajakan protes pemimpin gerakan sadr, Muqtada al-sadr, untuk melakukan protes terhadap nogosiasi perjanjian keamanan.

Ulama paling dipuja di Irak, Ayatullah agung Ali al-Sistani, yang lebih dahulu telah keberatan terhadap perjanjian tersebut, mengatakan dia tidak akan mengizinkan pemerintah untuk menanda tangani perjanjian demikian dengan tentara pendudukan Amerika serikat, sepanjang dia (ayatullah) masih hidup. (http://www.presstv.com)

Tinggalkan komentar