Ilmu itu mencerahkan dan menggerakkan !

hangat, padat, aktual, Universal

Israel cemas : hamas memiliki sedikitnya 20.000 pejuang

Posted by bukan.apa.apa pada April 11, 2008

By : dzulfikar

Hamas secara konstan meningkatkan kemampuan militernya di jalur Gaza, dan memiliki 20.000 pejuang yang ada di bawahnya, sebuah penelitian dipublikasikan oleh pusat informasi intelijen dan terorisme israel di pusat peringantan dan warisan intelijen israel (IICC) mengungkapkan hari kamis.

menurut penelitian terbaru, tantangan-tantangan kepada Hamas didalam dan dari Israel telah memaksa organisasi perlawanan tersebut untuk memperkuat kemampuan keamanan militernya yang secara konstan semakin berkembang.

lagipula, penelitian tersebut mengklaim bahwa kelompok tersebut melanjutkan training dalam skala yang lebih luas didalam dan diluar jalur gaza (kebanyakan di iran dan Suriah), mengumpulkan senjata lebih canggih – khususnya kemampuan roket yang bisa mencapai wilayah ashkelon, dan misil anti tank yang identik dengan yang dipakai Hizbullah.

Para ahli IICC mengklaim bahwa meskipun proses perkembangan militer ini akan berlanjut beberapa tahun untuk menjadi sempurna, hamas siap menjadi ancaman lebih besar bagi tentara israel dan Negev wilayah barat dibanding sebelumnya.

Hizbullah sebagai model Hamas

Penelitian israel mengatakan bahwa isolasi diplomatik terhadap hamas, pengepungan ekonomi gaza, operasi tentara israel di jalur Gaza, kondisi politik internal, dan persaingan antara hamas dan fatah, merupakan faktor-faktor yang memperkuat hamas secara militer.

proses ini dilaporkan keberadaanya oleh markas besar hamas di suriah, dan sumber keuangan di dapat dari iran, suriah, dan juga beberapa wilayah arab dan Barat. Transfer Uang dan penyelundupan senjata ke jalur gaza menjadi lebih leluasa karena kegagalan mesir untuk mengontrol perbatasan, Para ahli tersebut mengatakan.

Hizbullah, Para penulis menyatakan, menjadi contoh penting bagi Hamas dalam perang Libanon kedua, karena , Hizbullah telah mendemonstrasikan pentingnya strategi penyerangan roket dalam wilayah Israel sendiri.( http://www.almanar.com.lb)

Tinggalkan komentar