Ilmu itu mencerahkan dan menggerakkan !

hangat, padat, aktual, Universal

laporan : Saudi dan beberapa negara arab membantu israel dalam membunuh Mughniyah !

Posted by bukan.apa.apa pada April 10, 2008

By : dzulfikar

saudi Arabia diyakini berada dibalik pembunuhan komandan puncak Hizbullah-Imad Mughniyah-, menurut sumber terpercaya yang dikutip dari laporan kantor berita Iran, fars. Mughniyah dibunuh tanggal 12 februari di suriah melalu bom mobil.

sumber yang tak disebutkan namanya mengatakan kepada Fars bahwa penangguhan suriah untuk mengumumkan hasil penyelidikan kematian Mughniyah tidak lah bisa dijelaskan, kecuali adanya tekanan oleh beberapa negara Arab.

Fars disebutkan sebagai memiliki hubungan rapat dengan Presiden iran mahmud Ahmadinajed.

laporan Fars mengatakan bahwa komisi suriah untuk penyelidikan telah menyimpulkan hasil penyelidikan terhadap pembunuhan Mughniyah, dan hasilnya seharusnya diumumkan ke publik sebelum pertemuan liga arab baru-baru ini di damaskus, suriah.

“tekanan Kuwait telah membuat pemerintah damaskus menunda segalanya hingga hari setelah pertemuan liga Arab berakhir,” kata laporan Fars.

kantor berita tersebut lebihlanjut mengatakan bahwa penundaan lebih jauh timbl karena tekanan dari Riyadh.

satu sumber yang dikutip fars juga menyatakan bahwa Tangan saudi dan riyadh ada di balik pembunuhan Mughniyah.

“melalui seorang wanita Suriah, seorang agen rahasia saudi yang bekerja di damaskus meminta dua mobil yang dipakai oleh agen rahasia Israel untuk membunuh Imad Mughniyah,” kata laporan fars.

menurut kantor berita Iran tersebut, orang-orang yang terlibat didalam pembunuhan komandan militer Hizbullah tersebut adalah orang palestina, yordania dan suriah.

sumber yang dikutip fars juga menyatakan bahwa mereka mengatahui tempat dimana pembunuh hidup sebelum peristiwa pembunuhan dengan bom mobil tanggal 12 februari.

menurut sumber tersebut, beberapa orang palestina dan Yordania yang berkumpul di damaskus untuk membunuh Mughniyah, hidup bersama keluarganya di beberapa apartemen di Kafr Sousa, dengan kondisi yang tidak mencurigakan.

laporan fars mengatakan bahwa bekas dubes – banda al-sultan, memerintahkan pembunuhan Mughniyah, dan orang-orang saudi malakukan itu untuk membalas dendam atas penyerangan terhadap basis militer Amerika di Khobar, saudi arabia.

Orang – orang saudi tersebut selalu mengusulkan rencana pembunuhan Mughniyah dan menyusun rencana tersebut.

fars juga mengutip usaha yang dilakukan oleh pemerintah Qatar dan Kuwait menjadi mediator antara Damaskus dan Riyadh, sehingga hasil investigasi kematian Mughniyah tidak dipublikasikan, atau sedikitnya tidak mengandung dugaan kearah keterlibatan Saudi.

Publikasi informasi ini di kantor berita Iran dianggap sebagai suatu usaha Teheran untuk membuat perimbangan dalam berita dan mediasi.( http://www.adnkronos.com/AKI/English)

Tinggalkan komentar