Ilmu itu mencerahkan dan menggerakkan !

hangat, padat, aktual, Universal

Hamdalah : al-manar Libanon siaran melalui satelit Palapa

Posted by bukan.apa.apa pada April 10, 2008

By : dzulfikar

Channel televisi Al-manar Libanon yang dimiliki Hizbullah telah memulai siarannya di Indonesia, suatu negara dengan penduduk Muslim sunni terbesar di dunia.

Transmisi disiarkan melalui satelit Palapa C2 yang dimiliki perusahaan Telkom Indonesia, dimana pemerintah Indonesia memegang saham mayoritas, BBC monitoring melaporkan, mengutip informasi yang dipublikasikan oleh website satelit Lyngsat.

Al-manar, dalam bahasa indonesianya berarti lentera/menara api, telah melakukan siaran dari Beirut sejak tahun 1991. dikenal sebagai “stasiun Perlawanan”, Al-manar adalah pemain kunci dalam perang psikologi Hizbullah melawan musuh Zionist Israel. Hizbullah adalah organisasi milisi Muslim shiah yang disegani seluruh Muslim dunia.

al-manar juga dianggap sebagai bagian integral dari rencana Hizbullah untuk menyebarkan pesan keseluruh dunia arab.

Menurut direktur Al-manar, hassan Fadlallah, al-Manar tidaklah bersifat netral dalam siarannya.

“sikap netral seperti “Al-Jazeera”, adalah “keluar” dari pertanyaan tentang kami,” Fadlallah mengatakan, dikutip dari sebuah artikel tahun 2007 didalam majalah “The NewYorker”.

Al-manar dianggap amerika serikat bagian dari “teroris”, sehingga Amerika serikat melarangnya di bulan desember tahun 2004. Perancis dan spanyol juga melarang siaran al-manar.

di asia selatan, TV Al-manar diluncurkan melalui satelit Thaicom milik shin corporation dibulan januari 2008, tetapi transmisi tergencet setelah beberapa hari, ketika link cannel Hizbullah tersebut diungkap. (http://www.adnkronos.com/AKI/English)

Tinggalkan komentar