Ilmu itu mencerahkan dan menggerakkan !

hangat, padat, aktual, Universal

Hati-hati bila anak kita sering online internet…….

Posted by bukan.apa.apa pada Oktober 9, 2009

By  :  dzulfikar

Depression ups internet addiction among kids

Depression ups internet addiction among kids

Anak-anak yang menderita problem psikologis seperti ADHD, permusuhan, fobia sosial, atau depresi lebih cenderung menjadi kecanduan internet, sebuah penelitian baru mengungkapkan..

Penelitian sebelumnya telah melaporkan bahwa kecanduan “online” adalah bersifat destruktif seperti mengganggu kinerja sekolah, hubungan keluarga dan kondisi emosional remaja,  dan karena itu harus ditanggapi dengan serius.

Kecanduan internet biasanya ditandai dengan gejala seperti menghabiskan banyak waktu online dan ketidakmampuan untuk mengurangi penggunaannya ; sebuah keasyikan dengan aktivitas online, dan gejala seperti kecemasan, kebosanan, atau lekas marah setelah beberapa hari tidak online .

“Identifikasi faktor-faktor risiko karena kecanduan Internet , sehingga diperlukan usaha-usaha klinis untuk pencegahannya, dan intervensi awalnya bagi para remaja  yang kecanduan internet,” demikian para ilmuwan melaporkan.

Menurut studi yang dipublikasikan dalam “Archives of Pediatrics and Adolescent Medicine” menyatakan bahwa  attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) yang diikuti oleh permusuhan adalah faktor utama yang menyebabkan kecanduan internet pada anak-anak.

Ketika permusuhan dianggap sebagai faktor prediksi terbesar pada anak laki-laki, ADHD merupakan factor utama pada remaja perempuanterutama anak-anak kecanduan menderita ADHD. Fobia sosial dan depresi, juga merupakan faktor problem diatas, tetapi hanya pada anak perempuan.

Pada pria, bermain game online dan menggunakan internet setiap hari lebih dari 20 jam seminggu, dilaporkan merupakan  faktor risiko utama untuk kecanduan internet.

Oleh karena itu para ilmuwan mendesak orangtua, pendidik, dan profesional medis untuk mengidentifikasi anak-anak yang “berisiko”, dan mencegah timbulnya problem-problem diatas dengan cara memonitor pemakaian internet mereka (anak-anak).

Diterjemahkan dari :

http://www.presstv.com/detail.aspx?id=108065&sectionid=3510210

3 Tanggapan to “Hati-hati bila anak kita sering online internet…….”

  1. Amel said

    Waah
    Kayaknya harus introspeksi nih
    kita termasuk kecanduan gak ya????

  2. asalamualaikum

    wa’alaikum salam….

  3. Nila said

    Ternyata dibalk keuntungan-keuntungan dari internet dan komputer juga banyak sekali kerugian nya untuk kita. Harus tetap waspada.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: