Ilmu itu mencerahkan dan menggerakkan !

hangat, padat, aktual, Universal

Penelitian : krisis ekonomi justru membuat orang lebih sehat

Posted by bukan.apa.apa pada September 30, 2009

By  :  dzulfikar

Recession is 'good' for health ?

Recession is 'good' for health ?

Ketika banyak orang percaya bahwa krisis keuangan adalah berbahaya bagi kesehatan dan hal-hal yang berkaitan dengan masalah kesehatan, penelitian terbaru justru menunjukkan bahwa kemerosotan ekonomi dapat meningkatkan kesehatan seseorang.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences, ada korelasi positif antara kesengsaraan ekonomi dan peningkatan kesehatan.

Studi ini menemukan peningkatan kondisi kesehatan, harapan hidup yang lebih panjang, dan penurunan jumlah kematian akibat penyakit, kecelakaan dan kematian bayi selama empat tahun Depresi Besar antara  tahun 1929 dan 1932 dan selama resesi pada tahun 1921 dan 1938.

Namun, dilaporkan juga bahwa terdapat peningkatan angka kematian dan harapan hidup yang lebih rendah selama periode ekspansi ekonomi yang kuat, seperti tahun 1923, 1926, 1929, dan 1936-1937, dengan menambahkan bahwa masa-masa ekspansi ekonomi lebih berhubungan dengan stres, merokok, minuman (minuman keras) dan juga kurang tidur.

Terlepas dari cedera di tempat kerja, tingkat kematian akibat penyakit jantung dilaporkan mengalami lonjakan selama ekspansi ekonomi karena polusi lalu lintas dan polusi industri.

“Selama masa ekspansi, perusahaan sangat sibuk, dan mereka biasanya menuntut banyak usaha dari karyawan, yang lebih dituntut untuk bekerja lembur lebih banyak, dan untuk bekerja lebih cepat. Hal ini dapat membuat stres, yang diasosiasikan dengan lebih banyak minum dan merokok, “kata pemimpin peneliti Tapia Granados.

Meskipun tingkat bunuh diri meningkat selama penurunan (kemerosotan) ekonomi, jumlah ini hanya menambah 2 persen terhadap total angka kematian.

Para ilmuwan menyimpulkan bahwa resesi dapat meningkatkan kesehatan karena membuat  orang minum (minuman keras), merokok dan makan makanan dalam kadar yang lebih rendah, serta memberikan mereka kehidupan yang tidak terlalu stres dengan lebih banyak waktu untuk tidur.

Diterjemahkan dari :

http://www.presstv.com/detail.aspx?id=107417&sectionid=3510210

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: