Ilmu itu mencerahkan dan menggerakkan !

hangat, padat, aktual, Universal

Bunuh diri massal 1500 petani India !

Posted by bukan.apa.apa pada April 17, 2009

By   :  dzulfikar

1,500 farmers commit suicide in India

1,500 farmers commit suicide in India

Lebih dari 1500 petani di India tengah dilaporkan telah melakukan bunuh diri massal akibat kegagalan panen serta hutang yang meningkat.

Bunuh diri tersebut terjadi di wilayah pertanian Chattisgarh, dimana masyarakatnya sangat tergantung akan panen musiman, demikian “Earth Magazine” melaporkan.

Penduduk setempat mengatakan kepada “Earth Magazine” bahwa banyak petani merasa bahwa kematian adalah satu-satunya pilihan ketika mereka menghadapi hutang yang tak dapat ditanggulangi.

Wilayah Chattisgarh mengalami kekurangan air dan kekeringan.

“Sebagian besar petani di sini adalah berhutang dan hanya Tuhan yang dapat menyelamatkan orang-orang yang tidak memiliki rasa bosan,” ujar warga.

Bharatendu Prakash, dari Organic Farming Association of India, mengatakan bahwa para petani merupakan korban para rentenir (orang yang meminjamkan uang) yang memaksakan syarat-syarat peminjaman sesuai dengan keinginan mereka sendiri.

“Bunuh diri petani meningkat karena adanya lingkaran setan yang dibuat oleh para rentenir. Mereka membujuk petani untuk mengambil uang, tetapi bila gagal panen, para petanin dibiarkan tanpa pilihan lain selain kematian,” ujar Prakash.

Sedikitnya 10.000 petani yang dijerat hutang di berbagai wilayah di India telah melakukan bunuh diri selama dekade terakhir ini.

Survei November menunjukkan bahwa 125.000 petani telah tersingkir dari kehidupan mereka sebagai akibatl dari “gerakan tanpa belas kasihan”yang menggunakan India sebagai wilayah ujicoba bagi hasil panen yang dimodifikasi secara genetis.

Pihak Pemerintah baru-baru ini telah mengeluarkan surat pembatalan pinjaman petani senilai $ 15 miliar, namun surat pembatalan tersebut tidak banyak membantu sebagian besar petani yang telah meminjam uang dari para rentenir.

Isu Bunuh diri merupakan salah satu isu yang mendominasi kampanye pemilihan umum baru-baru ini.

Baca :

http://www.presstv.com/detail.aspx?id=91628&sectionid=351020402

Iklan

30 Tanggapan to “Bunuh diri massal 1500 petani India !”

  1. engeldvh said

    Buset dah, kasian banget tuh……….
    http://engeldvh.wordpress.com

  2. baron said

    Buset dah!!! baru juga tadi baca Buku judulnya Bunuh Diri Massal,, eh malah beneran terjadi !!! Gila kaget banget!!! btw jalan2 k sini ya… Website ku

  3. Nailil said

    Aku pernah baca buku “Equal Harvest”. Di buku ini disebutkan bahwa perdagangan global bukannya mensejahterakan petani, tetapi malah menekan petani karena perdagangan global telah memperpanjang mata rantai perdagangan. Kita bisa jadi tersenyum bahagia dan bangga, bisa membeli buah-buahan impor yang murah; petani di negara asal buah-buahan itu sebenarnya menangis karena semakin ditekan oleh pengepul. Makanya saya HERAN HERAN kalau orang dinas pertanian mengiming-imingi petani pasar ekspor, seolah-olah itu akan memperbesar pendapatan petani. Menurutku yang terpenting ya memperkuat pasar lokal.

  4. Hanie said

    Tragis banget kehidupan petani di India yang cuma punya pilihan panen ato bunuh diri, semoga aja di negeri kita ini ngga’ sampe kejadian deh…..

  5. iwanmalik said

    Jangan sampai kejadian ini menimpa petani indonesia yang secara umum kesejahteraannya masih kurang mendapat perhatian oleh pemerintah.
    http://iwanmalik.wordpress.com
    Info Pendidikan & Wirausaha

  6. mari perhatikan petani kita, jangan sampai baunya nular kesini

  7. Assalamu ‘alaikum mas, demi menjalin silaturahmi sesama Blogger marilah kita saling bertukar link, gimana mas?? Salam kenal yah dari Dedhy Kasamuddin 😀

    wa’Alaikum salam wr.wb. boleh aja. salam kenal juga.

  8. ertaridha said

    Sangat tragis berita diatas. Maka kita bangsa Inonesia harus memperbanyak bersyukur karena negeri ini masih dipimpin oleh orang-orang berhati mulia dan peduli rakyat kecil.

  9. adasemuanya said

    kunjungi http://mysaleshop.wordpress.com/download-ansav-2-beta-v2036/

  10. easzt said

    nasib petani sebenernya ga jauh2 dri diri kita…
    kita liat petani sebgai orang miskin yang gampang dibodohi
    pakaiannya emang lusuh…
    tapi….
    keringatnya membuat kita HIDUP!!!!

  11. jadilahyangterbaik said

    wah tragis banget…..

    kunjungi blog narsis saya 😉

    salam kenal mas

  12. asha7 said

    weleh…..

    nasib-nasib!!

  13. Emangnya kalo udah bunuh diri sudah abis perkara…?

  14. pimpii said

    angka yang fantastis. Tetapi mengapa harus sampai terjadi? Semoga pemerintah di sana cepat tanggap terhadap hal tersebut. Dan di sini Pimpii kuat-kuat berdoa agar jutaan caleg yang gagal ‘panen’ pemilu tidak ramai-ramai melakukan bunuh diri massal.

  15. imi surya putera said

    Tragis ! Yang bagus bila para Caleg yang gagal terpilih pada Pemilu, bunuh diri massal.
    Salam dari tenggara kalimantan, http://www.imisuryaputera.co.cc

  16. handokoaji said

    dunia sebagai aneh aja ya?

  17. elexyoben said

    Tingkat strees dan patah arang yang luar biasa sangat memungkinkan itu terjadi, termasuk pada para caleg yang gatot mukdam : gagal total remuk redam. Entah kenapa mereka tidak berpikir panjang untuk menemukan solusi lain. Kamipun juga demikian sebenarnya. Stress dengan pekerjaan yang menumpuk membuat kami justru makin brutal dan bejad. Tapi kebejadan itu kami bagi juga pada anda semua dengan gratis tanpa pamrih : DISINI

  18. airyz said

    Dosa!

  19. achoey said

    Tragis

  20. bowotheya said

    kok bisa yah mereka berbuat keji seperti itu??

    ada yang ngejamin masuk surga kali yah, mkanya mereka pada bunuuh diri??

    🙂

    http://bownet.wordpress.com

  21. Dodik Setiawan said

    Ya ampun sampai segitunya petani di India. Semoga petani Indonesia tidak ikut-ikutan. Maka pilpres mendatang jangan dijadikan ajang koar-koar janji bagi petani kita.
    Terimakasih mas sudah mempost berita yang menghebohkan ini. Setidaknya buat referensi dan tambahan ilmu.

  22. viannyvugo said

    wew..bunuh diri masal,,,miris banget ya…

  23. celicious said

    fiuh..
    sadis amad…
    ckckck

  24. Siyamadi said

    Alhamdulillah gw tinggal di Indoneisa…….heeee Indonesia…

  25. shinichi said

    mndah2an di Indonesia cma hanya terjadi kawin massal ato sunatan massal… hehe
    gk nyampe se’tragis d sono
    naudzu billah

  26. edy said

    bunuh diri mgkin menurut mereka keputusan bijak,gak mau merepotkan orang laen, apalagi zaman ekarang hanya banyak yang suka melihat tragedy sambil lalu dan kebanyakan manusia egois.
    mereka yang bunuh diri, disatu sisi adalah manusia2 dewasa,terlepas dari penilaian orang lain. benar salah nya mereka, tak penting bagi mereka yang sudah memilih jalan itu.

  27. adit LOVELIET said

    bunuh diri?
    mungkin suatu saat akan jadi tren. banyak hal yang menjadi penyebabnya. mungkin….idealisme dari seeorang yang egosentris…namun tidak sesuai dengan harapannya. perasaan depresi. kita hidup di tempat yang sama, bukan berarti menjadi pribadi yang sama. hal itulah yang harus kita perhatikan. dunia sudah berantakan, kuakui… namun keterasingan para para pejuang(egosentris) tidak bisa kita pandang sebelah mata… mereka berbeda.. mereka lebih mengenal hidup mereka… mereka peka.. dari itu jangan ingin merubah mereka… tak akan bisa. karena kita hanya OUTsider bagi mereka..
    namun…. kuakui, perasaan bunuh diri terkadang sangat suci.. lebih puitis dari uLTRA melankolis. inilah hidup. psikologi dari kenikmatan penderitaan. ups,, sorry i describe too deep!
    bunuh diri? ada banyak hal yang harus dihindari… pertama kemunafikan. jurang dalam yang tak kan kau lewati bersama orang lain.inilah hidup. but… we don’t know what happen next until we keep keep go on…
    stay alive…
    banyak kok yang menghindar dari masalah, dengan tenang, tanpa harus mati.
    be the outsider…we are outsider… orang luar yang berbeda

  28. ulilculun said

    wah,,, udah di dunia susah, di akherat juga lbih susah… ksian bgt…

  29. Kadang sesuatu itu harus namun kadang pula ingin bebas. Adakah kadang ada yg menolong itu semua berawal dari kita dan kembali ke kita mengapa harus di pusingin yang taak pantas kok di contoh

  30. Yang di butuhkan hidup adalah hidup dari petani yg menghidupkan kita maka apapun dan siapapun yg menghina petani sungguh sengsara hidupnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: